ANALISIS PENYEDIAAN AIR BERSIH DESA TALANGKAH KECAMATAN KATINGAN HILIR KABUPATEN KATINGAN

Penulis

  • Aria Hansen Universitas Kristen Palangka Raya
  • Kiyuan Universitas Kristen Palangka Raya

Kata Kunci:

Water, PDAM, Water Needs, Water Losses, District City Installations (IKK)

Abstrak

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk menunjang kehidupan manusia, air bersih menjadi kunci dalam menjaga kesehatan, kebersihan dan kesejahteraan kemudian PDAM sebagai penyedia layanan punya peran yang penting dalam menyediakan air bagi penduduk. Demikian halnya PDAM Unit IKK Kereng Pangi di Desa Talangkah. Dalam prosesnya ada beberapa tantangan yang menjadi usaha PDAM Unit IKK Kereng Pangi untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanannya yaitu tingkat kehilangan air yang bisa menghambat ataupun mengurangi kebutuhan masyarakat dalam memenuhi airnya sehari hari, kebutuhan air yang tidak menentu di masa yang akan datang serta kemampuan dan tingkat pelayanan dari PDAM Unit IKK Kereng Pangi terhadap pelanggan dan masyarakat yang masih dipertanyakan hingga saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kehilangan air (Losses), tingkat kebutuhan air Desa Talangkah sampai dengan tahun 2035 serta mengetahui tingkat kemampuan pelayanan PDAM Unit IKK Kereng Pangi di Desa Talangkah. Adapun untuk metode yang digunakan yaitu metode neraca air, aritmatik dan geometrik, analisis kemampuan layanan skala makro dengan analisis rasio, analisis cakupan layanan serta analisis statistik frekuensi persentase survei tingkat kepuasan masyarakat (pelanggan). Berdasarkan hasil analisis, diketahui tingkat kehilangan air (Losses) sebesar 15,46% kemudian tingkat kebutuhan air Desa Talangkah tahun 2035 bagi pelanggan sebesar 2,76 liter/detik sedangkan bagi penduduk sebesar 3,46 liter/detik kemudian kemampuan layanannya bagi pelanggan pada tahun 2023 yaitu 1.316%  sedangkan bagi seluruh penduduk yaitu 905% selanjutnya kemampuan layanan pada tahun 2035 bagi pelanggan yaitu 724,64% sedangkan bagi seluruh penduduk yaitu 578%. Adapun cakupan layanan (Coverage) sebesar 13,72% dan tingkat kepuasan layanan pelanggan (Customer Satisfaction) dari 30 responden yaitu 46,7% puas terhadap pelayanan PDAM Unit IKK Kereng Pangi di Desa Talangkah

Diterbitkan

2024-12-10

Cara Mengutip

Aria Hansen, & Kiyuan. (2024). ANALISIS PENYEDIAAN AIR BERSIH DESA TALANGKAH KECAMATAN KATINGAN HILIR KABUPATEN KATINGAN. Huma Tabalien Jurnal (HTJ), 4(2), 34–39. Diambil dari https://htj.ukpr.ac.id/HTJ/article/view/49